Selasa, 23 April 2013

KAPULAGA: TANAMAN ASLI JAWA YANG BERKHASIAT OBAT






BUDAYA SALAM (writed by Y. Setiyo Hadi)
Kapulaga dikenal sebagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak dalam rumah tangga serta digunakan untuk sarana pengobatan (campuran jamu). Tanaman ini diidentifikasi sebagai tanaman asli dari Pulau Jawa.

Nilai ekonomis dari dari tanaman kapulaga sangatlah tinggi. Komoditas ini merupakan tanaman rempah yang tidak dapat digantikan dengan tanaman lain dalam penggunaannya.

Ada dua jenis tanaman kapulaga yang dikenal dalam masyarakat. Pertama, kapulaga jawa atau Amomum compactum L. Kapulaga jenis pertama ini adalah asli dari bumi Jawa. Kedua, kapulaga india atau kapulogo sabrang (elettaria cardomomum L.). Kapulaga sabrang atau india mempunyai dua turunan, yaitu: Malabar dan Mysore. Kedua jenis kapulaga masuk golongan Zingiberaceace (suku jahe-jahean).

Kapulaga yang banyak beredar di Indonesia adalah Kapulaga Jawa (Amomum compactum L.). Kapulogo jenis Amomum compactum L. ini adalah tanaman asli bumi Jawa

Penyebutan nama kapulaga di berbagai wilayah dengan nama-nama yang berbeda-beda. Di Jawa dikenal sebagai kapulogo, Sunda menyebut dengan Kapol, Madura menyebutnya kapolagha atau palagha, dalam bahasa Bali dikenal sebagai kapulaga atau karkloka, di Sulawesi Selatan dikenal dengan kapulaga dan garidimong, di Betawi disebut kapulaga atau kardamunggu, orang Minang menyebutnya palaga atau puwa palago, sedangkan di Sumater dikenal dengan beberapa nama (pelage, puwar pelaga).

Selain sebagai bumbu masak di dapur, kapulaga juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai permasalah kesehatan yang umumnya digunakan sebagai campuran jamu. Hasil identifikasi khasiat kapulaga ternyata dapat mengatasi permasalahan kesehatan sebagai berikut:
1.                 Sirkulasi Darah
Konsumsi kapulaga dalam bentuk seduhan bisa mempelancar sirkulasi / peredaran darah, sehingga baik dikonsumsi penderita hipertensi, serta mencegah proses pembekuan darah.
2.                 Kesehatan tulang
Kapulaga mengandung dua unsure penting, yaitu: mangan dan vitamin C, yang penting untuk kesehatan tulang. Baik untuk wanita pasca menopause dalam mencegah osteoporosi / pengeroposan tulang
3.                 Kekebalan Tubuh
Zat-zat dalam kapulaga mampu melawan bakteri dan pantogen lainnya sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari  berbagai penyakit.
4.                 Mengatasi Permasalah Perut Dan Lambung
Kapulaga bisa menyeimbangkan jumlah cairan lambung dalam perut untuk mencega keasaman di lambung, juga membantu empedu agar berfungsi dengan baik.
5.                 Gairah Seksual
Sifat afrodisiak yang dimiliki kapulogo dapat menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini.
6.                 Kesehatan Ginjal Dan Saluran Kemih
Sifat diuretic yang dimiliki kapulaga sangat penting dalam menjaga kesehatan ginjal, serta mengatasi permasalahan saluran kemih seperti nefritis dan sistitis.
7.                 Penahan Rasa Sakit / Nyeri
Sifat analgesic dari kapulaga sehingga dapat digunak sebagai penahan rasa sakit dan mengatasi kontra nyeri sendi, nyeri otot dan kejang. Serta sifat anti inflamasi kapulogo dapat mengatasi bengkak gusi
8.                 Saluran Pernafasan
Antispasmodik dari kapulaga dapat mencegah kejang, serta mengatasi berbagai permasalah gangguan pernafasan, seperti: tenggorokan dan batuk, termasuk bisa mengatasi berbagai sakit di kepala. Selain itu, kapulaga juga mampu meningkat kualitas suara, sehingga cocok sebagai sarana terap bagi penyanyi atau penyiar yang mengandal suara dalam mata pencahariannya.
9.                 Detoksifikasi
Membantu menghilangkan berbagai bentuk racun dalam tubuh, terutama membantu detoksifikasi kafein dari tubuh dan juga akibat rokok.
10.            Aromaterapi
Kapulaga membantu agar tubuh kita rileks dan menghilangkan tekanan kerja (atau stress)

(Dari Berbagai Sumber)
Katagori Herbal
230413

Tidak ada komentar:

Posting Komentar